RESENSI BUKU SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PPEMILIHAN LAPTOP DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS).


Judul Buku : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PPEMILIHAN LAPTOP DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS).

Nama Pengarang : Dini Cahya Puspita Sari

Latar Belakang : Perkembangan teknologi yang berkembang pesat, menunjang permintaan pasar akan kebutuhan laptop meningkat. Hal ini disebabkan kegiatan masyarakat yang mendorong untuk mempunyai laptop yang bisa meringankan pekerjaannya. Keadaan tersebut mempengaruhi masyrakat untuk dapat memilih dan membeli laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun saat ini sudah sangat banyak jenis dan merk laptop yang telah diproduksi dan beredar dipasaran. Konsumen kerap kali salah dalam mengambil keputusan dalam memilih laptop dikarenakan tergiur akan keunggulan teknologi yang ditawarkan tanpa mempertimbangkan baik dari segi harga dan manfaat, sehngga penggunaan baik dari segi fungsi dan harga menjadi tidak maksimal. Berdasarkan pertimbangan tersebut, penyusun mencooba membuat sistem pendukung keputusan pemilihan pembelian laptop dengan metode AHP. Metode AHP (Analytic Hierarci Process) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria, misalnya dalam memecahkan masalah yang kompleks dan tidak tersetruktur ke dalam kelompok-kelompoknya.

Rumusan Masalah : Bagaimana membangun sistem pendukung keputusan yang dapat memilih laptop dengan tepat dan sesuai dengan kriteria yang ada dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Metode Penelitian : - Studi Pustaka :

Studi Pustaka dilakukan dengan mempelajari buku-buku, laporan penelitian, ensiklopedia, buku-buku tahunan, dan sumber-sumber tertulis dari Internet yang berhubungan dengan AHP.

- Analisis Sistem :

Adalah tahap melakukan analisis masalah, membentuk model keputusan dan analisis kebutuhan sistem.

- Perancangan :

Perancangan aplikkasi antara lain dengan memb uat perancangan UML ( Unifed Modeling Language), basis data dan system interface dari sistem yang akan dibuat

- Pemrograman :

Pada tahapan ini merupakan implementasi dari hasil analisa da perancanan dengan melibatkan teknologi-teknologi yang mendukung

- Pengujian :

Pengujian disini dimaksudkan untuk memerika kembali dan melakukan perbaikan apabila terdapat kesalahan pada sistem yang dibuat.

Tujuan Penelitian : Tujuannya adalah membuat suatu aplikasi atau perangkat lunak yang dapat membantu memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam memilih laptop yang ditawarkan dengan metode AHP.

Hasil Penelitian : Terciptanya aplikasi atau software berdasarkan metode AHP, yang dapat membantu memberi rekomendasi untuk pemilihan laptop yang baik.

Kelebihan : - Sistem pendukung keputusan inid apat memberikan rekomendasi pada user dalam pemilihan laptop yang sesuai dengan harga dan kriteria yang diinginkan.

- Pengguna dapat memperoleh informasi tentang laptop yang diinginkan dari spesifikasi-spesifikasi yang ada.

Kekurangan : - Metode AHP ini hanya metode matematis tanpa ada pengujian secara statistik sehingga tidak ada batas kepercayaan dari kebenaran model yang terbentuk.

- Ketergantungan model AHP pada input utamanya. Input utama ini berupa persepsi seorang ahli sehingga hal ini melibatkan subyektifitas sang ahli, selian itu juga model menjadi tidak berarti jika ahli tersebut memberikan penilaian yang keliru.

0 Response to "RESENSI BUKU SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PPEMILIHAN LAPTOP DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)."

Post a Comment